Resep membuat ketupat mudah

Resep membuat ketupat mudah - Hallo sahabat Resep ok banget, Pada sharing resep kali ini yang berjudul Resep membuat ketupat mudah, saya telah menyediakan resep lengkap. mudah-mudahan isi postingan Resep yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia resepnya.

Judul Resep: Resep membuat ketupat mudah

lihat juga


Resep membuat ketupat mudah

Sangat banyak macam-macam sajian yang biasa dihidangkan di saat Lebaran. Ada Opor Ayam, Kue, sampai dengan Ketupat. Nah kali ini kita akan berbagai tentang Cara Mudah dan Cepat Membuat Ketupat dari Janur. 
Resep membuat ketupat mudah
Mungkin biasanya Anda akan lebih memilih yang praktis yaitu dengan membeli ketupat yang sudah jadi di pasar. Namun taukah Anda jika ternyata untuk membuatnya juga cukup mudah. Pastinya dengan ketupat bikinan sendiri juga akan terasa lebih mantab ketika kita menyajikannya. Bangga dengan hasil kreasi sendiri meskipun mungkin belum sempurna. Baiklah, tidak perlu berlama-lama silahkan ikuti tutorial Cara Mudah dan Cepat Membuat Ketupat dari Janur berikut ini.
  • Siapkan 2 helai Janur
  • Lilitkan Janur / gulung 3 kali ke tangan Anda dengan pangkal menghadap ke atas, untuk yang helai satunya juga lilitkan / gulung 3 kali ke tanganan Anda yang satu dengan pangkal janur menghadap ke bawah.
  • Pegang ujung lilitan yang ke 3 (lihat gambar), sisipkan lilitan janur ke tiga sebelah kanan ke sebelah tangan kiri (melalui atas/luar lilitan 1 atau ujung, kemudian bawah/dalam lilitan 2 atau tengah, dan ke atas/luar lilitan ke 3) silang layaknya menganam.

Resep membuat ketupat mudah
  • Selanjutnya adalah menyisipkan lilitan ke 2 dari tangan kanan ke tangan kiri. Kali ini sebaliknya yaitu melalui bawah/dalam lilitan 1, kemudian atas/luar lilitan ke 2 atau tengah, dan bawah/dalam lilitan ke 3 dari tangan kiri.
  • Kemudian untuk lilitan/glungan terakhir dari tangan kanan, masuk lagi sebaliknya dari sebelumnya, yaitu melalui atas/luar lilitan 1 atau ujung, kemudian bawah/dalam lilitan 2 atau tengah, dan ke atas/luar lilitan ke 3. Lihat hasilnya seperti di gambar no 8

Resep membuat ketupat mudah
  • Ambil ujung janur / buntut yang panjang, masukan dengan posisi bersilangan / kebalikan dari atas dan bawahnya (jika atasnya berada di luar, maka masukan ujung tadi melalui sebelah dalam terlebih dahulu) sisipkan hingga memutar.
  • Ambil ujung janur / buntu yang satunya, masukan juga dengan berlawanan memutar dari ujung yang sebelumnya sehingga nanti akan bertemu di satu titik. Lihat hasilnya seperti gambar no 11
  • Sekarang ambil pangkal janur / kepalanya dan masukan memutar sampai dengan sisi sebelahnya. Sisipkan juga sesuai dengan yang disebelahnya, jika sebelahnya berada di dalam maka masukan dari sebelah luar.

Resep membuat ketupat mudah 
  • Begitu juga dengan pangkal janur yang satunya hingga bertemu di satu titik. Lihat hasilnya pada gambar no 13
  • Anyaman ketupat sudah selesai, selanjutnya adalah langkah untuk mengencangkan dan merapikan ketupat
  • Ketupat jadi dan siap untuk diisi dengan beras

Nah itulah tutorial Cara Mudah dan Cepat Membuat Ketupat dari Janur yang dapat segera Anda praktekan sendiri di rumah. Cukup simple bukan? Silahkan Anda berkreasi masakan dengan ketupat ini agar lebaran Anda dan keluarga semakin meriah,
 
sumber dari:onlybun.net


Demikianlah Artikel Resep membuat ketupat mudah

Sekian resep Resep membuat ketupat mudah, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan resep ok banget kali ini.

Anda sedang membaca artikel Resep membuat ketupat mudah dan artikel ini url permalinknya adalah https://resepokbanget.blogspot.com/2018/06/resep-membuat-ketupat-mudah.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.